16 Maret 2009

Sebuah Perjalanan

Hari Minggu 08 Maret 2009 saya dan beberapa teman - teman melakukan sebuah perjalanan wisata, bisa dibilang kami memiliki hoby menjelajahi objek - objek wisata disekitar kami. Sebelumnya perlu diketahui, domisili saya dan teman - teman berada di sebuah kota yang sangat identik dengan tempat wisata. Siapa yang tidak kenal dengan kota Pacitan, kota yang berada Provinsi Jawa Timur yang berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah. Hampir semua objek wisata di Kabupaten Pacitan sudah kami kunjungi, mulai dari wisata pantai, wisata Gua, wisata Sejarah, hingga wisata alam Pemandaian Air Panas.Perjalanan kali ini sedikit berbeda, dikarenakan objek wisata yang kami kunjungi adalah sebuah pantai yang berada di KecamatanParanggupito, Kabupaten Wonogiri. Hal ini kami lakukan karena kami ingin melihat sesuatu yang berbeda dan juga menambah koleksi foto - foto tempat wisata yang telah kami kunjungi.Perjalanan kami mulai dari Kota Pacitan pada pukul 09.00 WIB, mengendarai Yamaha Jupiter MX, Mio, Vega dan Honda Revo kami meluncur ke arah barat kota Pacitan melalui jalur alternative Pacitan - Pringkuku. Jalan yang berkelok dan dihimpit bukit - bukit serta pemandangan yang indah seakan sudah menjadi pemandangan yang biasa bagi kami, segarnya udara Pacitan pagi itu pun membawa nuansa tersendiri. Setibanya kami di Pertigaan Masjid Punung, kami mengambil jalur alternative melalui Gua Gong dan Gua Kalak, sebetulnya ada beberapa jalur yang bisa dilalui, tapi kami memtuskan untuk melalui jalur ini karena ingin mampir di Gua Kalak.Pukul 10.00 kami sampai di gua Kalak, gua yang dibiarkan terbuka dipinggir jalan, bagi anda yang pernah berkunjung ke Pantai Kelayar pasti melewati Gua ini, gua ini terbilang megah, dalamnya masih alami, belum ada penerangan sama sekali, hanya sinar hp yang membantu kami melihat - lihat dalamnya. Tidak terlalu jauh masuk ke dalam Gua, anda akan menemukan sebuah tempat berkeramik putih. Disitu ada beberapa botol bekas parfum bunga, Tempat sesaji, dupa, kembang dan kemenyan, aromanya pun sedikit menusuk hidung.

GUA KALAK - PACITAN

Foto - foto dulu sebelum meninggalkan Gua

Tak lama singgah di Gua Kalak kami pun melanjutkan perjalanan menuju tempat tujuan kami, jalan yang berliku dan kecil kembali kami tempuh, suasana sepi, kiri kanan hanya ada sawah, bukit dan padang ilalang. Entah dimana batasnya, ketika kami membaca sebuah papan nama Sekolah Dasar kami baru sadar kalau kami sudah memasuki Provinsi Jawa Tengah.

kami terus mengikuti jalan yang entah dimana ujungnya, kami belum pernah melewati jalan ini, hanya informasi dari rekan - rekan lain yang menjadi petunjuk perjalanan kami. Akhirnya tiba kami di Kantor Polisi Sektor Kecamatan Paranggupito, kami pun mengikuti petunjuk jalan yang ada di depan Kantor Polsek, dan akhirnya tidak berapa lama kami tiba di tempat yang menjadi tujuan kami. Sebuah Pantai kecil yang masih bersih dan alami, panasnya suasana saat itu tidak membuat semangat kami turun, begitu sampai kami pun langsung berjalan mengikuti anak tangga yang menghiasi bukit yang ada disebelah barat pantai, perasaan lelah dan panas terobati ketika kami sampai di puncak bukit. Hembusan angin laut dan pemandangan indah pantai dan laut lepas membuat kami takjub, walaupun mungkin bagi kami yang notabene orang asli Pacitan pemandangan seperti ini sudah biasa, tapi entah kenapa saat itu terasa beda. Walaupun Pantai Sembukan tidak seindah pantai Teleng Ria, Srau atau Kelayar tapi bagi kami suasana baru seperti itu sangat kami butuhkan.

Hanya saja sayangnya, fasilitas yang ada di pantai ini sangat minim, kalaupun ada sangat tidak terawat. Kami pun sempat kecewa, ketika kami akan menjalankan ibadah Sholat Dzuhur di Mushola yang ada di atas bukit, ternyata Rumah Ibadah itu tidak terawat, sangat kotor dan tidak ada air sama sekali, mirisnya lagi tempat yang suci dan menjadi rumah ibadah digunakan untuk bermesara - mesraan beberapa pasang anak manusia berlainan jenis. Mungkin hal ini harus menjadi perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten Wonogiri terutama Dinas Pariwisata, bagi umat muslim yang akan menjalankan ibadah sholat harus mencari tempat/mushola lain yang letaknya jauh dari objek wisata.

Perjalanan pun kami teruskan untuk kembali pulang menuju kota Pacitan, kota kecil yang penuh dengan kenangan.

FOTO PANTAI SEMBUKAN PARANGGUPITO - WONOGIRI

TAK LUPA KAMI PUN
BERPOSE DI OBJEK WISATA INI

Mohon maaf bila ada kesan Narsis, tapi, inilah Kenangan.....