20 Maret 2009

Panorama Pelabuhan Pacitan

Kota kecil Pacitan akan memiliki Pelabuhan Internasional.
Apabila membuka akun google dengan mengetikan "Pelabuhan + Pacitan", pasti anda akan menemukan artikel tentang rencana pembangunan pelabuhan Internasional, dalam kata lain Pacitan segera memiliki Pelabuhan Internasional.
Pacitan memang mulai bergeliat di 5 tahun belakangan ini, banyak proyek pembangunan dan pengembangan wisata di kota kecil ini. Mulai dari proyek pembangunan Stadion Olahraga berstandart Nasional, Pembangunan Pasar, Pengembangan dan Pembangunan Tempat Wisata, Pembangunan Jalur Lintas Selatan Jawa, Pembangunan Pelabuhan, Pembangunan PLTU Sudimoro, dan masih banyak proyek - proyek yang sedang dan sudah selesai di kerjakan. Investor pun mulai melirik keberadaan Pacitan sebagai kota yang memiliki sejuta keindahan. Bahkan belum lama ini, Indomaret membuka 3 cabang sekaligus di kota Pacitan.
Salah satu hasil pembangunan yang sudah bisa dinikmati adalah Pelabuhan Ikan Tamperan - Pacitan.
Pelabuhan Ikan, sesuai dengan namanya, aktivitas yang ada di Pelabuhan ini adalah bongkar muat Perahu - perahu nelayan dari berbagai daerah, tidak hanya dari Pacitan. Pelabuhan ini pun bisa dikatakan sebagai salah satu pelabuhan nasional. Hal ini bisa saya simpulkan dari pertemuan saya dengan beberapa nelayan yang berasal dari Banyuwangi, Surabaya, Malang, bahkan dari daerah Sulawesi. Selain untuk kegiatan bongkar muat nelayan, Pelabuhan ini terkadang juga digunakan untuk singgah kapal - kapal pengangkut material proyek PLTU Sudimoro, hal ini dikarenakan di sekitar PLTU sendiri Pelabuhan belum tersedia. Bila sore hari banyak masyarakat Pacitan yang datang sekedar untuuk melepas lelah dan menikmati suasana di Sekitar Pelabuhan dan Pantai Teleng Ria. Perlu anda ketahui pelabuhan ini berada di kawasan wisata Pantai Teleng Ria, atau tepatnya berada di sebelah barat Objek Wisata Pantai Teleng Ria, jadi bagi anda yang sudah pernah berkunjung ke Pantai Teleng Ria pasti pernah melihat keberadaan Pelabuhan Ikan ini. Disekitar Pelabuhan juga ada asrama - asrama atau sejenis penginapan yang digukanan oleh nelayan - nelayan dari beberapa daerah untuk bermalam dan beristirahat, beberapa meter diatas Pelabuhan juga ada sebuah Villa yang menjanjikan Pemandangan sekitar Pantai Teleng Ria yang tentunya sangat indah dan bersih. Pelabuhan ini sendiri sudah diresmikan secara langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 20 Desember 2007.
Untuk anda yang meimiliki rencana untuk berkunjung ke Kota Pacitan, jangan lupa mampir ke Pelabuhan ini, anda juga bisa mendapatkan ikan segar yang langsung didapat dari nelayan, untuk anda penggemar mancing, tempat ini jangan sampai terlewatkan.
Saat ini sudah ada 2 proyek objek Internasional di Pacitan, yang pertama Pelabuhan Internasional dan yang saat ini sedang di garap, Monumen Jenderal Sudirman Pacitan yang juga akan dijadikan Objek Wisata Internasional. Apa lagi selanjutnya?
Foto Pelabuhan Ikan Tamperan - Pacitan

Pelabuhan Pacitan di Sore Hari






Suasana Pelabuhan di Malam Hari


Tidak ada komentar:

Posting Komentar